Profil

Universitas Muhammadiyah Bengkulu terus berupaya melakukan berbagai terobosan dan inovasi baru untuk meningkatkan mutu pendidikan dan daya saing mahasiswa, alumni dan civitas akademika. Salah satunya adalah dengan didirikannya Unit Pelaksana Teknis (UPT) PUSAT BAHASA sebagai wadah atau pusat pengembangan kemampuan bahasa Inggris yang lebih profesional. Hal ini sangat penting sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dosen dan lulusan Universitas Muhammadiyah Bengkulu seperti kemampuan TOEFL, IELTS, Intensive English, General English, Academic Writing, English for Specific Purpose, Proofreading tesis, dan artikel jurnal.

UPT PUSAT BAHASA merupakan perubahan dari nama-nama sebelumnya. Dulu unit ini bernama Labor Bahasa yang didirikan pada tahun 1990 yang berfungsi sebagai tempat praktek Bahasa Inggris khususnya mahasiswa bahasa Inggris dan program studi yang ada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Kemudian, pada tahun 2003, Labor Bahasa berubah menjadi Self Access Center (SAC) yang fungsinya hampir sama sebagai tempat pelatihan dan tes kemampuan bahasa Inggris bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Terakhir, pada tanggal 4 Desember 2015, SAC berubah menjadi UPT PUSAT BAHASA sesuai dengan Surat Keputusan Rektor: No. 714-SK/R.01-UMB/2015 untuk mengembangkan program kemampuan bahasa Inggris yang lebih luas. Beberapa hal yang mendasari didirikannya lembaga ini; pertama, untuk menselaraskan dengan program dan tuntutan dari Kementerian Riset dan Teknologi bahwa pentingnya para mahasiswa, dosen, civitas akademika untuk menguasai kemampuan bahasa Inggris khususnya kemampuan TOEFL yang diakui secara Nasional dan Internasional. Kedua, untuk mempersiapkan para mahasiswa, civitas akademika, lulusan dapat bersaing pada Masyarakat Ekonomi Asean (Asean Community). Sehingga ke depan dapat memfasilitasi para dosen bisa mengembangkan riset di luar negeri, menjadi visited lecturer, exchange program bagi para dosen dan mahasiswa. Ketiga, bisa menjadi pusat pelatihan, pengembangan kajian bahasa khususnya bahasa Inggris. Keempat, dapat memfasilitasi dan mempermudah masyarakat internal dan eksternal kampus untuk melakukan tes kemampuan bahasa Inggris.

Diharapkan dengan adanya UPT PUSAT BAHASA ini masyarakat Universitas Muhammadiyah Bengkulu memiliki kesempatan untuk mengikuti English Language Training, dan juga dapat membantu masyarakat umum untuk mengikuti program tes kemampuan bahasa Inggris.

 

 

 

Comments are closed.